Keunikan Rumah Makan Padang

5 months ago admin 0

Mungkin anda tidak asing dengan Rumah Makan (RM) Padang, pasti dapat di temukan di seluruh pelosok Indonesia mulai dari ukuran kecil hanya dua menja sampai ukurannya besar sekelas restoran mewah, tapi pernahkah anda perhatikan banyak keunikan dan darai Rumah Makan Padang.

  1. Porsi di bungkus jauh lebih banyak ketimbang dimakan di tempat.

Kalau anda pernah membeli makan dirumah makan padang kemudia di bungkus pasti anda akan menemukan posrsi nasinya jauh lebih banyak, hal ini bukan tanpa latar belakang sejarah, konon dulu ceritanya yang suka membeli dengan di bungkus itu adalah kalangan menengah ke bawah untuk di bawa pulang dimakan bersama keluarga dan kolega, karena rasa solidaritas orang minang ini tinggi maka nasinya dilebihkan supaya yang membeli dapat memakan bersama-sama dengan keluarga dengan posrsi yang cukup.

2. Harga rumah makan padang itu perporsi dari dulu setara dengan USD$1

Coba sekali-kali anda perhatikan dan kalkulasi harga rumah makan padang itu dari dulu berkisar mengikuti harga dollar, kalau saat ini satu porsi standar satu lauk berkisar antara Rp12.000 sd Rp 13.000 ini hampir sama dengan nilai tukar rupiah dengan Dollar, apa ini kebetulan akan tetapi pengamamatan saya hampir 13 tahun harga nasi padang itu untuk satu porsi satu lauk tidak jauh di angka satu USD$ 1.

3. Tidak punya daftar harga

Pernah anda perhatikan Rumah Makan padang sekelas restopun tidak ada daftar menu yang mencantumkan harganya, harga jualnya hanya diketahui oleh penjual akan tetapi tak ada pembeli yang protes atau menjauh maupun memboikot rumah makan padang. Setelah saya telursuri hal ini disebabkan prinsip orang padang dalam soal makanan lebih baik menaikan harga ketimbang menurunkan kualitas makanan dan rasa, sehingga disaat bahan makanan naik mereka dengan leluasa menaikan harga di beberpa menu untuk subsidi silang buat menu yang lainnya.

4. Minim menu sayuran

Kalau soal sayuran Rumah Makan padang memang bebeda dengan rumah makan lainnya anda akan sulit menemukan kangkung balancan, sayur bayam dan sayur populer lainnya, paling-paling anda akan menemukan sayur ketimun, sayur singkong dan sayur nangka. Hal ini sebenarnya tak lepas dari budaya keseharian orang minang memang menjadikan sayuran sebagai bahan untuk membuat gulai, misal daun singkong di gulai, terong di gulai, pare di gulai, kacang pajang di gulai jadi menurut mereka dalam gulai sudah ada semua termasuk sayuran hijaunya, kalau anda masuk rumah makan padang terus menemukan lalapan sebaiknya anda cek namanya jangan-jangan anda salah masuk ke rumah makan ampera punya orang sunda.

5. Pengelolaan Bagi hasil

kalau anda mau belajar mengelola Rumah Makan berbasis bagi hasil maka Rumah Makan Padang lah dari abad ke abad yang menjalankan proses itu biasanya mereka melakukan hitungan bagi hasil di setiap 100 hari jualan/buka. dari survey yang saya lakukan terhadap rumah makan orang kampung saya komposisi bagi hasilnya adalah 60% pengelola dan 40% bagi pemodal akan tetapi biaya perpanjangn sewa atau perawatan alat-alat dapur sudah di amortisasi dan disisihkan setiap hari, sehingga 100 hari pembagian itu benar-benar modal bersih, nah disinilah kunci kenapa rumah makan padang itu langgeng karena rasa memiliki semua yang bekerja tinggai. 60% itu di bagi lahi sesuai persentasenya ada yang juru masak , ada ketuanya dan ada anggotanya.

6. Penjualan memakan apa yang di jual

kalau anda makan di rumah makan padang tak perlu khawatir kalau masakannya gak berkualitas karena yang jualan juga makan masakan yang sama jadi jika ada yang aneh-aneh tak mungkin mereka makan masakan tersebut.

Segitulah keunikan rumah makan padang yang dapay saya rangkum, jika ada temuan baru lagi nanti akan saya update, bagaimanapun Rumah makan padang selera nusantara seutuhnya apapun suku dan budayannya pasti bisa makan masakan padang dan masakan padang di jamin ke halalannya.